Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi pada QS. Al-Hujurat ayat 9-13)
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.77Keywords:
Pendidikan, MultikulturalismeAbstract
Penelitian ini mempunyai latar belakang sebagai berikut : Pendidikan multikultural adalah solusi untuk mengurangi efek negatif dari fenomena keberagaman kultul, sosial, budaya, agama, gender, ras, etnik, maupun kelas sosial yang terjadi di Indonesia yang dalam konteks Indonesia dapat juga disebut sebagai pendidikan kebhinekaan yang berarti berbeda-beda tetapi satu yang disatukan oleh Pancasila. Konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an (Studi pada QS. al-Hujurat ayat 9-13) nyatanya fenomena multikulturalisme telah menjadi perhatian al-Qur’an sejak al-Qur’an diturunkan. Islam tidak mengajarkan kekerasan atas nama perbedaan, bahkan Islam telah menggariskan sikap etis terhadap pluralisme dan multikulturalisme sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits. Bahkan, Islam telah mempraktekan dengan sangat indah pada zaman Rasullullah SAW mengenai toleransi, keadilan, kesetaraan dan multikulturalisme lainnya dari sikap dan suri tauladan Nabi Muhammad SAW yang terdapat dalam Asbabun nuzul ayat al-Qur’an dalam surat al-Hujurat ayat 9 – 13.
Dengan demikian, pendidikan multikulturalisme yang marak diperbincangkan dalam konteks ke-indonesiaan diharapkan dapat menjadi jembatan solusi dalam setiap konflik budaya, agama, ras, etnik, suku dan yang lain sebagainya diharapkan dapat dipreventifikasikan.
References
Achmaduddin. 2006. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural: Konsep, Karakteristik, dan Pendekatan. Jurnal Edukasi. Vol. 4. No. 1. 2006, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Al-Ghazali, Syaikh Muhammad. 2008. Al-Qur’an Kitab Zaman Kita: Mengaplikasikan Pesan Kitab Suci dalam Konteks Masa Kini. Bandung: PT. Mizan Pustaka Ar-Rifai, M. Nasib. 2011. Kemudahan dari Allah: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 4, Cet. 1. Jakarta: Gema Insani Azra, Azyumardi. 2005. Dari HARVARD Sampai MAKKAH. Jakarta: Republika Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga Departemen Agama RI. 2008. Al-Hikmah Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro Harahap, Syahrin. 2011. Teologi Kerukunan. Jakarta: Prenada Media Group Husain. Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf. 1994. Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam, Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Gema Risalah Press Ki Supriyoko. 2005. Pendidikan Multikultural Dan Revitalisasi Hukum Adat Dalam Perspektif Sejarah. T.tp: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 2009. Islam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan : Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: Mizan Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Multikultural, Cetakan VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Naim, Ngainun dan Ahmad Sauqi. 2010. Pendidikan Multikultural konsep dan aplikasi, Cet. II. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sa’dan, Masthuriyah. 2015. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol.7, No. 1 Januari-Juni Sulalah, 2012. Pendidikan Multikultural : Didaktika Nilai-nilai Universalitas Kebangsaan. Malang: UIN Maliki Press Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah : Pesan dan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 13 Suparman, Heru. 2017. Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Studi Alqur’an dan Hadis, Volume 1, Nomor 2 Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan, Cet. 1. Yogyakarta :Pilar Media Zainuddin. 1990. Imam al-Ghazali: Bahaya Lidah. Jakarta: Bumi Askara Zuhairini. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara