Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.70Keywords:
Pergaulan Teman Sebaya, KarakterAbstract
Teman sebaya atau peers adalah anak-anak dengan tingkat kematangan atau usia yang kurang lebih sama. Melalui teman sebaya anak-anak menerima umpan balik dari teman-teman mereka tentang kemampuan mereka. Anak-anak menilai apa saja yang mereka lakukan, apakah dia lebih baik dari teman-temannya, sama atau bahkan lebih buruk dari apa yang anak-anak lain kerjakan. Anak-anak menggali prinsip kejujuran dan keadilan dengan cara mengatasi ketidaksetujuan dengan teman sebaya. Mereka juga belajar mengamati dengan teliti minat dan pandangan teman sebaya dengan tujuan untuk memudahkan proses penyatuan dirinya ke dalam aktivitas teman sebaya yang sedang berlengsung. Dapat dipahami bahwa pengaruh teman sebaya dapat menjadi positif dan negatif. Seperti belakangan ini terjadi beberapa kasus seperti bolos sekolah, pelanggaran tata tertib sekolah, dan berkata kasar di MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara pergaulan teman sebaya terhadap karakter siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket, dan wawancara, dengan sampel penelitian 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pergaulan teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 32,8 % terhadap karakter siswa MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Berdasarkan abstrak diatas maka pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap pembentukan karakter di MTs Negeri 3 Kabupaten Tangerang.References
Adisti, Prisna. 2010. Personality Plus For Teens. Yogyakarta: Pustka Grhatama
Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Difa Press
Azwar, Saifuddin. 2009. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska
Departemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008
Fauzi, Ichwan. t.t. Etika Muslim. T.tp: Wisdom Science Sea
Hanifah, Nurdinah. 2016. Sosiologi Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press
Idi, Abdullah. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press
Lickona, Thomas. 2016. Character Matters (Persoalan Karakter). Penerjemah Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien. Jakarta: PT Bumi Aksara
Lickona, Thomas. 2013. Educating For Character. Penerjemah Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
M. Marbun, Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Mappiare, Andi. 2001. Psikologi Remaja. Surbaya: Usaha Nasional
Mustoip, Sofyan. Muhammad Japar, dan Zulela Ms. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing
Renold S. 2010. Beyond Borders: Communication Modernity & History. London of School: STIKOM The London School of Public Relation
Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pesndidikan Karakter. Salatiga: Erlangga
Setiawan, Wari. 2018. Individual Learning: Internalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak-Anak Disabilitas. Tangerang Selatan: Onglam Books
Soeroso, Andreas. 2010. Sosiologi 1 SMA Kelas X. Jakarta:Yudhistira
Tim Dosen PAI. 2016. Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish