Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang

Authors

  • Zalfa Nurina Fadhillah Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72

Keywords:

Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Membina Akhlak Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tangerang, usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa  di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tangerang dan akhlak siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tangerang. Secara khusus untuk mengetahui pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tangerang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, bidang kesiswaan dan tiga orang siswa perwakilan dari kelas VII, VIII dan IX. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan conclusion atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah berperan aktif dalam membina akhlak siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tangerang. Hal ini terlihat dari usaha-usaha yang dilakukan guru di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung terutama guru Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan secara intensif setiap hari dan setiap minggunya, seperti pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjamaah, tahfizh Qur’an, muhadhoroh, keputrian, pengajian pagi serta kegiatan peduli yatim dan dhuafa. Akhlak siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung juga dikategorikan cukup baik.

References

Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam,Jakarta Pusat: Kalam Mulia Jakarta

Ramayulis, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka

Hamka Abdul Aziz, 2012. Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta Selatan: AL-MAWARDI PRIMA

Syarif Hidayat, 2018. “Pendidikan Berbasis Adab Menurut A.Hassanâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XV, No.1 Juni 2018

Eko Sugiarto, 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Suaka Media

Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan, 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Zakiah Daradjat, 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Ahmad Izzan, t.t. Membangun Guru Berkarakter, Bandung: Humaniora

Syaiful Bahri Djamarah, 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta

Dahlan dan Muhtarom, 2018. Menjadi Guru yang Bening Hati, Yogyakarta: Deepublish

Tim Dosen PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2016. Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Deepublish

Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani, 2018. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat, Gresik: Caremedia Communication

Rusman, 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Mahfud Junaedi, 2017. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana

Mochammad Eksan, 2000. Kiai Kelana: Biografi KH. Muchith Muzadi, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta

Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV Pustaka Setia

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian III, Jakarta: Grasindo

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asmawati Suhid, 2009. Pendidikan Akhlak dan Adab Islam: Konsep dan Amalan, Malaysia: Maziza SDN. BHD

Sehat Sultoni Dalimunthe, 2016. Filsafat Pendidikan Akhlak, Yogyakarta: Deepublish

Lanny Octavia, dkk., 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren, Jakarta: Rumah Kitab

Rosihon Anwar dan Saehudin, 2016. Akidah Akhlak, Bandung: CV Pustaka Setia

Toto Suryana, dkk, 1997. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Tiga Mutiara

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83–103. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72