Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Insan Kamil Legok Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.75Keywords:
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP Insan Kamil Legok Tangerang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Insan Kamil Legok Tangerang tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Februari – Juni 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara kepada guru pendidikan agama Islam sekaligus yang mewakili kepala sekolah, dan salah satu siswa kelas VIII SMP Insan Kamil Legok Tangerang, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa para guru yang ada di SMP Insan Kamil selalu menjalankan kompetensinya dengan baik, menjalin kerja sama yang baik, membangun hubungan yang harmonis, serta menjadi contoh yang baik bagi para siswa. Sehingga para siswa mampu menjalankan karakter baik serta patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh para guru dengan penuh rasa tanggung jawab dan tanpa ada rasa terpaksa sedikit pun.References
Abas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Aeni, Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD, Bandung: UPI Press
Agung, Iskandar. 2012. Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia
Anees, Bambang Q. dan Adang Hambali. 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Bafirman. 2016. Pembentukan Karakter Siswa, Jakarta: Kencana
Fahlevi, Derli. 2016. Paradigma Awal Dari Kesuksesan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Fajri, M. Zul dan Ratu Aprilian Senja. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Dhifa Publiser
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2010. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif, Jakarta: Graha Ilmu
Hartatik, Yulianti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Di Kantin Kejujuran, Malang: Gunung Samudera
Hasibuan. 2008. Pengertian Peranan Tugas dan Tanggung Jawab Guru Agama, Artikel Pendidikan
Ilahi, Muhammad Takdir. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Indra, Hasbi. 2018. Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial Kemasyarakatan, Yogyakarta: Deepublish
Julia, Dkk. 2017. Prosiding Seminar Nasional, Sumedang: UPI, Sumedang Press
Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Pendidikan Filsafat Islam, Depok: Kencana
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Lanti, Elly. T.t. Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar, Gorontalo: Athra Samudra
M. Dahlan dan Muhtarom. 2018. Menjadi Guru yang Bening Hati, Yogyakarta: Deepublish
Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Rohendi, Edi. 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia : Jurnal Pendidikan Dasar
Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter, Gresik: Caremedia Cummunacation
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara
Soedarsono, Soemarno. 2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang, Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Ppendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Taufiq, Ahmad. 2011. Pendidikan Agama Islam, Surakarta: Yuma Pustaka bekerjasama dengan UPT MKU UNS
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana