Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Insan Kamil Legok Tangerang

Authors

  • Dede Suhaeni Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.75

Keywords:

Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP Insan Kamil Legok Tangerang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Insan Kamil Legok Tangerang tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Februari – Juni 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara kepada guru pendidikan agama Islam sekaligus yang mewakili kepala sekolah, dan salah satu siswa kelas VIII SMP Insan Kamil Legok Tangerang, dan analisis dokumen.

Hasil penelitian menunjukan bahwa para guru yang ada di SMP Insan Kamil selalu menjalankan kompetensinya dengan baik, menjalin kerja sama yang baik, membangun hubungan yang harmonis, serta menjadi contoh yang baik bagi para siswa. Sehingga para siswa mampu menjalankan karakter baik serta patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh para guru dengan penuh rasa tanggung jawab dan tanpa ada rasa terpaksa sedikit pun.

References

Abas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Aeni, Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD, Bandung: UPI Press

Agung, Iskandar. 2012. Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional, Jakarta: Bee Media Indonesia

Anees, Bambang Q. dan Adang Hambali. 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bafirman. 2016. Pembentukan Karakter Siswa, Jakarta: Kencana

Fahlevi, Derli. 2016. Paradigma Awal Dari Kesuksesan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Fajri, M. Zul dan Ratu Aprilian Senja. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Dhifa Publiser

Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2010. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif, Jakarta: Graha Ilmu

Hartatik, Yulianti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Di Kantin Kejujuran, Malang: Gunung Samudera

Hasibuan. 2008. Pengertian Peranan Tugas dan Tanggung Jawab Guru Agama, Artikel Pendidikan

Ilahi, Muhammad Takdir. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Indra, Hasbi. 2018. Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial Kemasyarakatan, Yogyakarta: Deepublish

Julia, Dkk. 2017. Prosiding Seminar Nasional, Sumedang: UPI, Sumedang Press

Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Pendidikan Filsafat Islam, Depok: Kencana

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Lanti, Elly. T.t. Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar, Gorontalo: Athra Samudra

M. Dahlan dan Muhtarom. 2018. Menjadi Guru yang Bening Hati, Yogyakarta: Deepublish

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Rohendi, Edi. 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia : Jurnal Pendidikan Dasar

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter, Gresik: Caremedia Cummunacation

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara

Soedarsono, Soemarno. 2009. Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Ppendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Taufiq, Ahmad. 2011. Pendidikan Agama Islam, Surakarta: Yuma Pustaka bekerjasama dengan UPT MKU UNS

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Suhaeni, D. (2020). Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Insan Kamil Legok Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 156–183. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.75