Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas XI Ilmu Sosial I MAN 2 Tangerang

Authors

  • Lismawati Lismawati Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.74

Keywords:

Metode Cooperative Script, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Peneliti ini ingin membuktikan sejauh mana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelsa XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2 Tangerang. Kendala yang dihadapi peneliti dalam meenerapkan metode cooperative script di kelas XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2 Tangerang, seberapa efektif metode yang digunakan peneliti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di MAN  2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Menggunakan observasi, mengajar di dalam kelas dengan menggunakan beberapa siklus. Setiap siklus ada beberapa tahapan, tahapan perencanaan tindakan, tahapan kegiatan dan pelaksanaan, tahap observasi  serta tahap refleksi dan analisis. Analisis datanya menggunakan rumus penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan setelah di terapkannya model pembelajaran koperatif  tipe  cooperative script pada mata pelajaran qur’an hadis terhada motivasi belajar siswa kelas XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2  Tangerang sehingga hasil belajar siswa mencapai nilai sesuai dengan yang diharapkan.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya, 1997. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV.Pustaka Setia

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning, Yogyakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar, Cet ke 5, Jakarta: PT Bumi Aksara

Herijuliant, Eliza. Dkk. 2001. Pendidikan Kesehatan Gizi, Jakarta: Kedokteran EGC

Irwanto. 1997. Psikologi Umum, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LkiS

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Granfindo Persada

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suprijono, Agus. T.t. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM

Sutikno, M Sobry. 2004. Metode dan Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holiatica

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, Konsep Landasan dan Imlementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prenada Media Group

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara

Usman, M. Ali. 1989 Hadist Qudsi pola pengembangan Akhlak Muslim, Bandung: CV. Deponegoro

Woodworth. T.t. Psikologi Suatu Pengantar kedalam Ilmu Jiwa, Jilid III, Jakarta: CV Jemmars

Zaini, Hisyam. Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD

Zaini, Hasyim. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Mandani

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Lismawati, L. (2020). Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas XI Ilmu Sosial I MAN 2 Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 132–155. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.74