Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas XI Ilmu Sosial I MAN 2 Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.74Keywords:
Metode Cooperative Script, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Peneliti ini ingin membuktikan sejauh mana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelsa XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2 Tangerang. Kendala yang dihadapi peneliti dalam meenerapkan metode cooperative script di kelas XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2 Tangerang, seberapa efektif metode yang digunakan peneliti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di MAN 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Menggunakan observasi, mengajar di dalam kelas dengan menggunakan beberapa siklus. Setiap siklus ada beberapa tahapan, tahapan perencanaan tindakan, tahapan kegiatan dan pelaksanaan, tahap observasi serta tahap refleksi dan analisis. Analisis datanya menggunakan rumus penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan setelah di terapkannya model pembelajaran koperatif tipe cooperative script pada mata pelajaran qur’an hadis terhada motivasi belajar siswa kelas XI Ilmu - Ilmu Sosial 1 MAN 2 Tangerang sehingga hasil belajar siswa mencapai nilai sesuai dengan yang diharapkan.
References
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya, 1997. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV.Pustaka Setia
Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning, Yogyakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar, Cet ke 5, Jakarta: PT Bumi Aksara
Herijuliant, Eliza. Dkk. 2001. Pendidikan Kesehatan Gizi, Jakarta: Kedokteran EGC
Irwanto. 1997. Psikologi Umum, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LkiS
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Granfindo Persada
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suprijono, Agus. T.t. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM
Sutikno, M Sobry. 2004. Metode dan Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holiatica
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, Konsep Landasan dan Imlementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prenada Media Group
Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara
Usman, M. Ali. 1989 Hadist Qudsi pola pengembangan Akhlak Muslim, Bandung: CV. Deponegoro
Woodworth. T.t. Psikologi Suatu Pengantar kedalam Ilmu Jiwa, Jilid III, Jakarta: CV Jemmars
Zaini, Hisyam. Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD
Zaini, Hasyim. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Mandani