Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas II Di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.71Keywords:
Bimbingan Belajar, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam yang di terapkan di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Kedua Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan proses kegiatan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Ketiga Metode atau cara apa yang digunakan untuk melakukan pendekatan pada peserta didik untuk mengetahui setiap karakter peserta didik di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari lapangan diambil kesimpulan yang bersifat khusus kepada yang bersifat umum. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru dibidang Agama Islam di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas II di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang dapat memberikan dampak yang positif terhadap proses belajar dan berguna dalam membentuk pribadi siswa yang berakhlakul karimah sehingga hasil belajar siswa mencapai hasil yang diharapkan.References
A, Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching
Amin, Samsul Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah
Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya
Arifin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Daradjat, Zakiyah. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Elkabumaini, Nasin. 2014. Penerapan Pembelajaran Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Gaza Publishing
Ibrahim R, dan S Syaodih Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: Bumi Aksara
Madjid. Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rodakarya
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Membangun Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad Omar, Al- Taumy Al-Syibani. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:PT. Rineka Cipta
Munarji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Priyatna, Andri. 2011. Parenting for Character Building. Jakarta: PT. Elex Media
Probowati, Yusti dkk. 2011. Pendidikan Karakter Persfektif Guru Psikolog. Malang: Penerbit Selaras
Saman Abdul, dan Arifin Agustan. 2018. Bimbingan dan Konseling Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Sudarmadi. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Guru dan Psikolog. Malang: Penerbit Selaras
Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Yuliati, Linda. 2009. Pembentukan Karakter. Surabaya: Tiara Aksa