Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas II Di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang

Authors

  • Nurul Amelia Sofianti Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.71

Keywords:

Bimbingan Belajar, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam yang di terapkan di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Kedua Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan proses kegiatan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Ketiga Metode atau cara apa yang digunakan untuk melakukan pendekatan pada peserta didik untuk mengetahui setiap karakter peserta didik di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari lapangan diambil kesimpulan yang bersifat khusus kepada yang bersifat umum. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru dibidang Agama Islam di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas II di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang dapat memberikan dampak yang positif terhadap proses belajar dan berguna dalam membentuk pribadi siswa yang berakhlakul karimah sehingga hasil belajar siswa mencapai hasil yang diharapkan.

References

A, Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching

Amin, Samsul Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah

Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Arifin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Daradjat, Zakiyah. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Elkabumaini, Nasin. 2014. Penerapan Pembelajaran Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Gaza Publishing

Ibrahim R, dan S Syaodih Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: Bumi Aksara

Madjid. Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rodakarya

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Membangun Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhammad Omar, Al- Taumy Al-Syibani. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:PT. Rineka Cipta

Munarji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Priyatna, Andri. 2011. Parenting for Character Building. Jakarta: PT. Elex Media

Probowati, Yusti dkk. 2011. Pendidikan Karakter Persfektif Guru Psikolog. Malang: Penerbit Selaras

Saman Abdul, dan Arifin Agustan. 2018. Bimbingan dan Konseling Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Sudarmadi. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Guru dan Psikolog. Malang: Penerbit Selaras

Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Yuliati, Linda. 2009. Pembentukan Karakter. Surabaya: Tiara Aksa

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Sofianti, N. A. (2020). Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas II Di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 69–82. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.71