Penerapan Metode Inquiry Poster Comment dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.68Keywords:
Inquiry Poster Comment, Efektivitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), dalam penelitian ini mencangkup empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi secara umum bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IIK di MAN 2 Tangerang. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PAI dengan menerapkan metode Inquiry Poster Comment pada siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang pelajaran akidah akhlak semester ganjil pada materi akhlak dalam pergaulan remaja.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Demikian pula halnya dengan siklus II. Data efektivitas pembelajaran siswa digali dengan lembar pengamatan aktivitas siswa. Sedangkan hasil belajar siswa digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode inquiry poster comment yang diterapkan pada siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, menuangkan ide dan gagasan, serta kemampuan berfikir kritis siswa. (2) Efektivitas belajar belajar siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang pada materi Akhlak Dalam Pergaulan Remaja mengalami peningkatan setelan menggunakan metode inquiry poster comment.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mnunjukkan bahwa penerapan metode inquiry poster comment pada pembelajaran PAI memiliki dampak positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan bagi siswa dan guru.
References
Anitah Sri, 2008. Media Pembelajaran, Sukarta: LPP UNS dan UNS Pers
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media
Gunawan Heri, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta
Laefudin, 2017. Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish Publisher
Miarso Yusufhadi, 2014. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Pranada Media Group
Muanley Yonas, 2016. Pengertian Efektivitas Pembelajaran, diakses dari https://teoriefektivitas.blogspot.com/2016/02/pengertian-efektivitas-pembelajaran.html?m=1, pada tanggal 19 April 2019
Munajah Robiatul, 2017. Efektivitas Pembelajaran, diakses dari dari http://robiatulmunajahpgsd.blogspot.com/2017/04/efektivitas-pembelajaran.html?m=1, pada tanggal 19 April 2019
Mulyasa. E, 2003. Kurikulum Berbasis Komopetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya
Nata Abuddin, 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Penamedia Group
Rohani Ahmad, 2010. Pengelolaan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Putra
Rosyada Dede, 2004. Pradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Prenada Media
Sanjaya Wina, 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Shoimin Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudjana Nana, dan Rivai Ahmad, 2010. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjiono Anas, 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Susilana Rudi, dan Cepi Riana, 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung: CV Wacana Prima
Supari dan Darwiyahsyah, 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Diadit Media
Yamin Martinis, 2013. Strategi Dan Metode Dalam Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group