METODE PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN AKHLAK DI MASA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.33853/istighna.v5i2.233Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pendidikan akhlak perspektif al-qur’an dan implementasinya pada pembelajaran akhlak di sekolah pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan metode analisisnya, menggunakan analisis tafsir maudhu'I dan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Surat Al-Naḥl ayat 125 mengandung metode hikmah, metode nasehat, dan metode diskusi. Surat Al-Aḥzab ayat 21 mengandung metode keteladanan dan Surat Al-Aḥqaf ayat 13 mengandung metode pembiasaan. Adapun implementasi Metode Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Qur’an Pada Pembelajaran Akhlak Di Masa New Normal, yaitu: 1). Metode hikmah, dilakukan melalui proses uswah, pendidik harus mengupayakan agar materi dapat diterima oleh peserta di dik melalui interaksi yang kuat. 2). Metode Nasehat, memberikan nasehat dengan memasukkan nilai Qur’ani, serta hal yang kongkret seperti pandemi Covid-19, memberikan tugas mencari kisah-kisah melalui media online yang mengandung nilai pendidikan akhlak. 3)Metode Diskusi, mengajak peserta didik berdiskusi yang berkaitan dengan perilaku manusia sehingga memiliki kemampuan Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity and innovation. 4). Metode Keteladanan, dilakukan dengan memberikan contoh seperti menerapkan protokol kesehatan, melalui e-learning dapat dilakukan dengan memberikan keteladanan terkait penggunaan media sosial secara bijak. 5). Metode Pembiasaan, dapat mengajarkan pembiasaan seperti menerapkan protokol kesehatan, bertutur kata yang baik, beribadah tepat waktu.
Â
Keywords: Metode Pendidikan Akhlak, Perspektif Al-qur’an, Pembelajaran Akhlak, Masa New Normal
Downloads
References
Al-Hafidz Fida’, Imam Abi, Al-Hafidz Ibn Katsir al-Damashqi Tafsīr Al-Qur’ān al-‘Aẓīm Juz 4
Al-Zuhayli, Wahbah, Tafsir al-Munir Juz 11 (Jakarta: Gema Insani, 2013)
Anwar, Rosikhan, “Prof. Arief Rahman: Pendidikan Terpenting adalah Pembentukan Akhlak,†Suara Merdeka.com <https://www.suaramerdeka. com/pendidikan/pr-042075298/prof-arief-rahman-pendidikan-terpenting-adalah-pembentukan-akhlak?Page=all>
Bafadhol, Ibrahim, “Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam,†Jurnal Ed ukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06 (2017), 45–61
Basri, Hasan, Kapita Selekta Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2012)
Diananda, Amita, “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak,†Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1 (2018), 1–21 <https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.1>
Dkk, Budianda irma, “Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Menunjang Aktivitas Belajar Mengajar Di Masa Pandemi,†Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4 (2021), 1–23
Dkk, Muhaimin, Studi Islam Dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan, ed. Oleh Marno, 1 Cet. 3 (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)
Fatimah, “Pembelajaran di Era New Normal,†Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (2020), 1689–99
Fuad Abdul Baqi’, Muhammad, Al-Mu’jam al-Mufahros li Alfāẓ Al-Qur’ān (Qahiraj: Dār al-Hadith, 2007)
Hadarah, “Pandemi covid-19 agen perubahan pendidikan akhlak,†Sustainable, 3 (2020), 116–23
Hamka, Tafsir al-Azhar Juzu ‟13-14-15-16-17†(Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983)
Hamzah Amir, Metode Penelitian Kepustakaan, Edisi Revi (Malang: Literasi Nusantara, 2020)
Ipah Latipah, “Implementasi Metode Al-Hikmah, Al- Mau’idhah Al -Hasanah, Dan Al-Mujadalah Dalam Praktik Pendidikan,†Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3 (2016), 19–37
Jamaluddin, Dindin, Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2013)
Jurtawani, “Akankah Pendidikan Karakter Tergerus di Tengah Pandemi Covid-19,†Republika.co.id <https://retizen.republika.co.id/posts/14664/akankah -pendidikan-karakter-tergerus-di-tengah-pandemi-covid-19>
Kementerian Agama RI, “Al-Qur’an dan Terjemahâ€
Mainuddin, “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’án(Studi Teoritis Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13),†AL-MUNAWWARAH: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2016), 1–16
Maraghi, Almustafa, Tafsir al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Juz 19 (Bayrut: Dar al-Fikr, 1994)
Mauliya, Afina, “Strategi Pembelajaran Akhlak di Masa New Normal pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar melalui Model Hybrid Learning,†Proceeding umsurabaya, 2021, 1–12
Mustafa al-Maraghi, Ahmad, Terjemah Tafsir al-Maraghi (Semarang: Toha Putra, 1994)
Naim, Muhammad, Abd. Rajab, dan Muhammad Alip, “Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam,†ISTIQRA’: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7 (2020), 74–88
Nata, Abuddin, “Pendidikan Karakter Untuk Menjawab Tantangan Abad Ke-21,†Abuddin Nata, 2021 <http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles/ pendidikan-karakter-untuk-menjawab-tantangan-abad-ke-21-1>
Nelliani, “Pandemi, Pembelajaran Digital dan Ancaman Moralitas†<https://www.ajnn.net/news/pandemi-pembelajaran-digital-dan-ancaman-moralitas/index.html>
Nizar, Samsul dan Hasibuan, Zainal Efendi, Hadits Tarbawi Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah (Jakarta: Kalam Mulia, 2015)
Nurhadi, Nunung, “Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19,†Agriekstensia, 19 (2020), 121–28
Nuryatin, Sri, “Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal,†Sell Journal, 2507 (2020), 1–9
Q.S. al-Aḥzāb 33:21
Q.S. Al-Mumtahanah 60:4
Q.S al- Jin 17:16
Q.S al-Aḥqāf 46:13
Q.S al-Naḥl 16:125
Qodariyah, Siti Lailatul, “Akhlak Dalam Perspektif Al Quran (Kajian Terhadap TafsÄ«r al-MarÄgÄ« Karya Ahmad Mustafa al-MarÄgÄ«),†Jurnal al-Fath, 11 (2017), 145–66
Rajab, Hadarah, “Pendidikan Akhlak Masa Pandemi,†Osfpreprints, 2021, 1–4
Sadjad, Abdulloh, “Pendidikan Akhlak Perspektif al-Imam Al-Ghazali,†Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam, 13 (2020), 110–26
Semarang, Kantor Kementerian Agama Kabupten, “Pentingnya Keteladanan Dalam Menghadapi Pandemi,†Kemenag Semarang <https://jateng. kemenag.go.id/2021/08/pentingnya-keteladanan-dalam-menghadapi-pandemi/>
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Cet. 3 (Ciputat: Lentera Hati, 2005)
———, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Srigati, Dewi, “Membentuk Karakter Siswa Di Masa Pandemi Covid-19,†Universitas Riau, 2020, 1–12
Wibawanto, Tri, Si Pengembang, Teknologi Pembelajaran, Ahli Muda, Lpmp Provinsi, Lampung Sudah, et al., “Memaksimalkan Pembelajaran Disaat Pandemi Melalui Hybrid Learning Dengan Portal Rumah Belajar,†Seminar Nasional Profesionalisme Guru di Era Digital, 2 (2021), 999–1015
Yunof Candra, Bach, “Problematika Pendidikan Agama Islam,†Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1 (2019), 134–53 <https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.21>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wahidah Ma'rifatunnisa', Ahmad Yusam Thobroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.