URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.139

Keywords:

Karakter, Nilai Nilai Karakter, Konsep Diri.

Abstract

Pendidkan karakter yang ditanamkan sejak dini kepada anak bertujuan agar anak kelak sampai dewasa menjadi manusia yang bermartabat yaitu manusia yang mempunyai hati nurani, cerdas dalam bersikap dan bertuturkata. Tanggung jawab pendidikan karakter adalah orang yang terdekat dengan anak yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada anak meliputi : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter pada setiap fase usia perkembangan anak berbeda-beda penanganannya, dari anak usia dini, anak-anak dan remaja, karena setiap fase mempunyai kebutuhan dan tantangan yang berbeda. Berkaitan dengan konsep diri anak, akan terbentuk dari perlakuan yang anak dapatkan terhadap dirinya baik itu dari lingkungan keluarga yang berkaitan pola asuh, budaya sekolah dan masyarakat. Penguatan pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara kita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah Syahrbini, Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014)

Alex sobur, Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah, (Bandung, Penerbit Pustaka Setia)

Dimyati, Peran Guru sebagai Model dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral melalui Pendidikan Jasmani, (Yogyakarta: UNY, 2010, Th.XXIX)

Kak Hendri, Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng,(Bandung, Simbiosa Rekatama Media)

Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004)

Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008)

John W. Santrock, Life Span Development, (Jakarta, Penerbit Erlangga, 2002)

Yahya Khan, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Penerbit Kencana, 2011)

http://nopawilyanita.blogspot.com/2014/02/pendidikan-anak-usia-dini-paud-dan.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

https://www.kompasiana.com/m.trimanto/5893efcbf692733a1bf67257/pendidikan- berbasis-budaya

http://www.rakyatpos.com/membangun-karakter-peduli-lingkungan-di-sekolah-upaya- penyelematan-lingkungan-hidup.html/

https://kbbi.web.id/karakter Sumber: Kamus Bahasa Indonesia edisi elektronik(2008)

Downloads

Published

2018-01-25

How to Cite

Diananda, A. (2018). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 1–21. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.139

Issue

Section

Articles