Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran PAI Di Smpn 1 Rajeg Kab. Tangerang

Authors

  • Annisa Novitri Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Cendekia Abditama

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.508

Keywords:

, Techer’s Strategy, Learning Difficulties of Class VIII students

Abstract

The purpose of this study was to determine the teacher’s strategy in overcoming the learning difficulties of class VIII students in PAI subjects at SMPN 1 Rajeg Kab. Tangerang.The type of research used in this study is descriptive qualitative, the location and object of the research used is located at the SMPN 1 Rajeg Kab. Tangerang, in this study the researchers used the focus of research, namely Islamic religious education teachers and students of class VIII, as well as research instruments used namely observation, interview guidelines, dokumentation notes.The results of the study prove that the teacher’s strategy in overcoming the learning difficulties of class VIII students in PAI subjects at SMPN 1 Rajeg Kab. Tangerang is very important because there are still many students who have difficulty learning in PAI subjects, esspecially in terms of reading, writing and memorizing the Qur’an, students who are lazy in following lessons.

References

Hurit, Roberta Uron dan Majidatun Ahmala, 2021. Belajar dan Pembelajaran. Bandung

Urbayatun Siti, 2018. Kesulitan belajar dan Gangguan psikologis ringan pada anak. Yogyakarta

Fitria Himmatul, Mahisarani, Siregar Aisyah Purnama. 2021. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Al-Farabi Sunggal.

Simatupang Halim, 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke- 21. Surabaya Kusumawati Naniek dan Maruti Endang Sri, 2019. Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Magetan

Saondi Ondi dan Suherman Aris, 2018. Etika Profesi Keguruan. Bandung

Yulia Rizki Ramadhan dkk, 2022. Pengantar Strategi Pembelajaran.

Sutikno Sobry, 2020. Strategi Pembelajaran. Indramayu

Suseno Muchlas , 2020. Mengukur Minat Profesi Guru. Jakarta

Oktavia Shilphy A., 2020. Etika Profesi Guru. Yogyakarta

Maemunawati Siti dan Alif Muhammad, 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten

Haudi, 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat

Maryam, 2021. Psikologi Anak. Yogyakarta

Sutiah, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo

Pingge, Heronimus Delu, 2020. Mengajar dan Belajar Menjadi Guru Sekolah Dasar. Klaten

Rahmat, 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta

Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta

Yusuf Muri, 2017.Metode Penelitian:Kuantitatif,Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta

Fadhallah, 2021. Wawancara. Jakarta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan Research an Development. Bandung

Jurnal Kajian, 2020. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah

Umrati dan Wijaya Hengki, 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar

Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, studi ilmu pendidikan islam. Jogjakarta

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta

Fauzi, Ahmad. 2008. Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Garis dan Sudut Peserta Didik Kelas VII A MTs As-Stafi’iyah Jati Barang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Novitri, A. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran PAI Di Smpn 1 Rajeg Kab. Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.508