Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Islamic Centre Tangerang

Authors

  • Mashita Mashita Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ISlamic Village Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33853/jm2pi.v2i1.488

Keywords:

effectiveness, audio-visual media, results of study.

Abstract

The objective of this research is to explain how far the effectiveness of the use of audio-visual media in improving student learning outcomes in Islamic Religious Education subject. This research is done on the class of X IPA 3 SMA Islamic Centre Tangerang. The technique of taking the samples is purposive sampling. Data collection tool obtained through observation, interview and documentation data. The method that is used in this research is descriptive qualitative. The result of this research showed that the use of audio visual media has a level of effectiveness that is relevant to the success of student in learning. This can be seen from the results of the students on the class of X IPA 3 with an average grade of 80 and above. Based on the results of the interview showed that students really like and motivated when teaching and learning activities using audio-visual media in the form of video, because the interview results proved that audio visual learning media in the form of video makes it very easy for students to understand and digest the subject matter.

References

Arifin, Y. (2018b). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas xi tkr 1 pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindahan tenaga (pspt) di smk ma’arif 1 wates. Psikologi Pendidikan, 41-45.

Arifin, Y. (2018c). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas xi tkr 1 pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindahan tenaga (pspt) di smk ma’arif 1 wates. Belajar Dan Faktor-Faktor Dan Mempengaruhinya, 46.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. PT. Grafindo.

Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Pt. Sarana tutorial nurani sejahtera.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus besar bahasa indonesia. Balai Pustaka.

Wina Sanjaya, (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran - Wina Sanjaya- Google Books. Kencana,Prenadamedia Group. https://doi.org/9791486514, 9789791486514

Fitri, E. (2015a). Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa. Strategi Belajar Mengajar, 27.

Fitri, E. (2015b). Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa. Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatan), 28.

Habibullah Ahmad. (2008). Efektifitas pokjawas dan kinerja pengawas pendidikan agama islam. In PT. Pena Citasatria.

Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2015). Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran pai di sma islam soerjo alam ngajum malang.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media audio visual dalam pembelajaran pai. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Muhaimin. (2001). Paradigma pendidikan islam, upaya mengefektifkan pendidikan agama islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim, M. (2013). Psikologi pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. W. (2016). Penerapan media pembelajaran audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas xi sepeda motor b pada mata pelajaran perbaikan perawatan mekanik otomotif di smk piri sleman. Media Pembelajaran, 41.

Permatasari, I. (2017). Menjadi Guru Inspiratif. Pengaruh media pembelajaran audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar siswa, 18.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktis. Kencana.

Rohmat. (2010). Media pembelajaran suatu pengantar. Logung Creative Design.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.14814/phy2.12093

Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. In Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfa Beta.

Sukirman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Pedagogia.

Sumiharsono, R. (2018). Media pembelajaran. Cv pustaka abadi.

Utami, S. (2015). Penerapan metodepembelajaran kolaboratif tipepenerapan metode pembelajaran kolaboratif tipe group investigation untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teori pemesinan dasar. 426.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Mashita, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Islamic Centre Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 2(1), 46–62. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v2i1.488