PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.33853/istighna.v6i2.235Keywords:
Problem solving, Akidah Akhlak, Hasil Belajar SiswaAbstract
Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak oleh guru masih banyak dilakukan dengan pendekatan konvensinal-tradisional sehingga peserta didik mudah merasa bosan. Karena itulah perlu diterapkan pembelajaran dengan pendekatan aktual-kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,yang mana dalam tiap masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus 1 dan siklus 2 masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasilnya dianalisis melalui observasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada setiap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam beberapa tahapan-tahapan, yang pertama adalah tahap orientasi masalah, kedua organisasi belajar, ketiga penyelidikan individual maupun kelompok, ketiga pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, serta analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dari siklus 1 ke siklus 2 setelah dilakukan tindakan. Indikator Keberhasilan dari PTK ini adalah, bahwa penelitian dikatakan berhasil jika persentase siswa yang nilai belajarnya sudah tuntas mencapai minimal angka hingga 75%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pesentase siswa yang tuntas sudah mencapai 87%, maka PTK ini sudah dapat dinyakatan berhasil.
Downloads
References
Aida, Zul, ‘Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis Volume 4, Nomor 1, Januari 2023’, 4 (2023), 38–50
Fahriza Amalia, and Heri Saptadi Ismanto, ‘Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangsri’, JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5.2 (2023), 132–40 <https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.138>
Hayatinnufus, ‘Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Problem Solving’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1.1 (2021), 1108–19
Hikmah, Faiqatul, ‘Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Jenjang Pendidikan Madrasah Tsanawiyah)’, JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1.2 (2020)
Huda, Samsul, ‘Korelasi Model Moral Reasoning (Pertimbangan Moral) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Pembentukan Religiusitas Siswa Di Mts Roudlatul Ulum Tebas Gondangwetan Pasuruan’, Jurnal Al-Makrifat, 6.2 (2021), 132–41
Kelas, Pada, X Akuntansi Di, S M K Nurut, and Taqwa Songgon, ‘1 , 2 , 3’, XX (2022)
Mulia, Harpan Reski, ‘Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15.1 (2020), 118–29 <https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3092>
Nafisa, Adilla, and Santi Lisnawati, ‘PENGARUH MEDIA EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs AR-ROFIQY KABUPATEN BOGOR’, Inspiratif Pendidikan, 11.1 (2022), 1–8 <https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.28636>
Najamudin, Helmi, ‘Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021’, Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2021), 19–27
Pendidikan, Jurnal, Agama Islam, and Universitas Wahid, ‘PROGRESS – Volume 7, No. 2, Desember 2019 199’, 7.2 (2019), 199–218
Putra, fernanda rahmadika, Ali Imron, and Djum Djum Noor Benty, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak’, Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3.3 (2020), 182–91 <https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p182>
Rumsiti, Neneng, ‘Problem Solving Berbantuan Video Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii-F’, 2 (2022), 2149–59
Sy, Syarifuddin, Hairunnisa Hairunnisa, and Laila Rahmawati, ‘Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martapura Kabupaten Banjar’, Tashwir, 1.2 (2014), 81–94 <https://doi.org/10.18592/jt.v1i2.164>
Syafrin, Yulia, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy Arifmiboy, and Arman Husni, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 2.1 (2023), 72–77 <https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111>
Syahida, Nanda, Muhammad Singgih Rizaldi, Zulfahmi Andri, Indah Sari, Stai Tebing, Tinggi Deli, and others, ‘PELATIHAN PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MADINATUL MUSA ’ ADAH PTPN IV KEBUN PABATU Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendahuluan Pendidikan Merupakan Bimbingan Terhadap Perkembangan Inovasi : J’, 1–7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asmonah Asmonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.