PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL UNTUK PRAKTIKUM PEMBELAJARAN FIKIH DI MASA PANDEMI

Authors

  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan http://orcid.org/0000-0003-1946-5708
  • Hanifah Dwi Astiyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Ahyun Rofi'ah Universitas Ahmad Dahlan
  • Endang Yuliana Universitas Ahmad Dahlan
  • Anggi Pratiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33853/istighna.v6i1.224

Keywords:

Covid-19, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran virtual, Platform digital.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 yang menghimbau untuk bekerja dari rumah selama masa darurat virus Covid-19. Sehingga pada tahun 2020 sampai awal 2022 kegiatan belajar SMK Muhammadiyah 2 Lendah dilakukan secara online. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran online maka dibutuhkan media digital yang dinamis, efisien, dan tepat sehingga materi pendidikan dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam pembelajaran online, juga untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran digital dalam praktikum pembelajaran Fikih secara jarak jauh oleh guru dan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Lendah. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif berdasarkan hasil observasi dengan teknik wawancara dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa praktikum pembelajaran Fikih secara online pasti menemui kendala yang menyertai sehingga dibutuhkan berbagai langkah khusus agar kegiatan praktikum pembelajaran Fikih dengan platform digital lebih efektif di masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Salsabila, U. H., Astiyani, H. D., Rofi’ah, A., Yuliana, E., & Pratiwi, A. (2023). PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL UNTUK PRAKTIKUM PEMBELAJARAN FIKIH DI MASA PANDEMI. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.33853/istighna.v6i1.224

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)