PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL UNTUK PRAKTIKUM PEMBELAJARAN FIKIH DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.33853/istighna.v6i1.224Keywords:
Covid-19, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran virtual, Platform digital.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 yang menghimbau untuk bekerja dari rumah selama masa darurat virus Covid-19. Sehingga pada tahun 2020 sampai awal 2022 kegiatan belajar SMK Muhammadiyah 2 Lendah dilakukan secara online. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran online maka dibutuhkan media digital yang dinamis, efisien, dan tepat sehingga materi pendidikan dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam pembelajaran online, juga untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran digital dalam praktikum pembelajaran Fikih secara jarak jauh oleh guru dan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Lendah. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif berdasarkan hasil observasi dengan teknik wawancara dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa praktikum pembelajaran Fikih secara online pasti menemui kendala yang menyertai sehingga dibutuhkan berbagai langkah khusus agar kegiatan praktikum pembelajaran Fikih dengan platform digital lebih efektif di masa pandemi.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Unik Hanifah Salsabila, Hanifah Dwi Astiyani, Ahyun Rofi'ah, Endang Yuliana, Anggi Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.