EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI PADA PERKULIAHAN PAI DI IAIN SALATIGA

Authors

  • Hairun Hasanah Sagala Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh Wasith Achadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Guntur Cahyono Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  • Wahyu Nurrohman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33853/istighna.v5i1.205

Keywords:

Efektifitas, Media Pembelajaran, Perkuliahan Daring

Abstract

Abstract: This study aims to categorize the effectiveness of the media used during online learning, which we know that many students complain about online learning so that it makes learning ineffective, with descriptive qualitative methods by describing data related to the effectiveness of online learning media in pandemic period. Data collected via Googleform online students of the Salatiga State Islamic Institute of Islamic Education Department. The results showed that the most effective media during online lectures was Whatsapp media by 92% and Whatsapp media was also the recommended media for online lectures 80% of students considered Whatsapp media to be a medium that could adapt to the student's circumstances.

Keywords: Effectiveness, Learning Media, Online Lecture

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan efektifitas media-media yang digunakan selama pembelajaran daring, yang kita ketahui banyak mahasiswa yang mengeluh akan pembelajaran daring sehingga membuat pembelajaran tidak efektif, dengan metode kualitatif deskriftif dengan menjabarkan data-data yang berkaitan dengan efektifitas media pembelajaran daring di masa pandemi. Data yang di kumpul melalui Google form online kepada mahasiswa/i Intitut Agama Islam Negeri Salatiga Jurusan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang paling efektif selama perkuliahan daring yaitu media Whatsapp sebesar 92% dan media Whatsapp juga menjadi media yang direkomendasikan untuk perkuliahan daring sebesar 80% mahasiswa menganggap media Whatsapp adalah media yang bisa menyesuaikan dengan keadaan mahasiswa tersebut.

Kata kunci: Efektifitas, Media Pembelajaran, Perkuliah Daring

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hairun Hasanah Sagala, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Islamic religious education department

Muh Wasith Achadi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Islamic religious education department

Guntur Cahyono, Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Islamic religious education department

Wahyu Nurrohman, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Islamic religious education department

References

Andi Al-Ashaeri Eka Murti, ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sd Inpres 12/79 Polewali Kecamatan Libureng Kabupaten Bone’, 2021

Asrivi, Queen Elvina Sevtivia, ‘Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu Mahasiswa Pgmi Iai Bakti Negara Tegal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Pgsd, Iv.2 (2020), 77–84

Firmansyah, ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Stai Al-Amin Dompu’, Jurnal Studi Pendidikan Islam, Ix.2 (2021), 11–18

Hikmat, Endang Hermawan, Aldim, And Irwandi, ‘Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online’, Digital Library, Uin Sunan Gung Djati, Bandung, 2020, 1–7 <Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/30625/>

Imansyah, M. Nur, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Siswa Smp)’, Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 1.1 (2021), 35–40 <Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V1i1.78>

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, And Epa Paujiah, ‘Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi Dan Proyeksi’, Karya Tulis Ilmiah Uin Sunan Gunung Djjati Bandung, 2020, 1–10 <Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/30518/>

Jenny Ramadona Putri Ardi Yudha1, Sri Sundari2, ‘Manfaat Media Pembelajaran Youtube Terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa’, 3.Desember (2021), 1–23

Mufidah, Vika Nurul, Nadiah Nurli Fadilah, Abdurrohman Mubarok, Obi Alim, And Eliza Katratun Nada, ‘Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Media Online’, Maksima Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pengajaran, 1.2 (2021), 49–64 <Https://Doi.Org/10.36407/Maksima.V1i1.412>

Mustofa, Ali, ‘Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendahuluan’, 7.2 (2021), 171–86

Nabilla, Reny, And Tina Kartika, ‘Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online’, Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4.2 (2020), 193–202 <Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.V4i2.4595>

Nasution, Nurhijrah Gusmadia Tama, ‘Metode Dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid-19 (Study Literature Review)’, 2021

Pitria Salim Maulia1, Hadi Purnama, ‘Efektifitas Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiwa Digital Pr Telkom University’, Eproceedings …, 8.2 (2021), 2069–73 <Https://Openlibrarypublications.Telkomuniversity.Ac.Id/Index.Php/Management/Article/Download/14872/14649>

Rahmanto, Muhammad Arifin, And Bunyamin, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom’, Jurnal Pendidikan Islam, 11.November (2020), 119–35

Rizqullah, Fitri, And Mein Kharnolis, ‘Pendidikan Tata Busana Unesa Di Masa Pandemi Covid-19’, 12–22

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Sagala, H. H., Achadi, M. W., Cahyono, G., & Nurrohman, W. (2022). EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI PADA PERKULIAHAN PAI DI IAIN SALATIGA. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.33853/istighna.v5i1.205

Issue

Section

Original Research Article