HUBUNGAN ANTARA SIKAP MUJAHADAH TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33853/istighna.v5i1.203Keywords:
Mujahadah, Prokrastinasi, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah terdapat hubungan antara sikap mujahadah terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi melalui survei dengan penyebaran kuesioner skala likert dan pilihan ganda secara online menggunakan Google Form terhadap 47 responden mahasiswa. Hasil data diolah menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dengan aplikasi SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan antara sikap mujahadah dengan prokrastinasi akademik mahasiswa, yang menunjukkan besar nilai koefisien korelasi sebesar -0.507, kedua variabel berhubungan secara negatif dengan kategori hubungan yang diperoleh yakni sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan, semakin tinggi nilai sikap mujahadah yang ditanamkan seorang mahasiswa maka semakin rendah sikap prokrastinasi mereka. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya sikap prokrastinasi di antaranya sinyal, lingkungan yang mendukung, motivasi belajar, dosen pengajar, dan mata kuliah.
Downloads
References
Aklima, Yuni, Agus Supriyanto, and Ustadi Antara, ‘Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Muara Batu)’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 6, 2020, 919–27 <http://eprints.uad.ac.id/21378/>
Arifiani, Desti, ‘Hubungan Persepsi Sistem Pembelajaran Daring’, 2021
Basilaia, Giorgi, and David Kvavadze, ‘Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia’, Pedagogical Research, 5.4 (2020) <https://doi.org/10.29333/PR/7937>
Budiana, Irma, Rosita Rosita, and Ahmad Buchori Muslim, ‘Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Menunjang Aktivitas Belajar Mengajar Di Masa Pandemi’, ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4.2 (2021), 206–18 <https://doi.org/10.33853/ISTIGHNA.V4I2.135>
‘Burka, J. B., & Yuen, L. M. (1983). Procrastination Why You Do It What to Do about It. Cambridge, MA Da Capo Press. - References - Scientific Research Publishing’ <https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1810947> [accessed 28 November 2021]
Charolina, Yanthi, and Honny Honny, ‘Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi’, Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23.1 (2021) <https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10092>
Dai, Daxiang, and Gaofeng Lin, ‘Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester during the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China’, SSRN Electronic Journal, 2020 <https://doi.org/10.2139/SSRN.3555539>
Damri, Damri, Engkizar Engkizar, and Fuady Anwar, ‘Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan’, JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3.1 (2017), 74 <https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415>
Dewi, Fatma, Wahyu Aji, Universitas Kristen, and Satya Wacana, ‘Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2.1 (2020), 55–61 <https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.89>
Effani, Anggraini Munanda, ‘Arti Mujahadah Kosa Kata Bahasa Yang Sedang Viral, Berikut Penjelasan Dan Contoh Penggunaannya - Tribunsumsel.Com’, 2021 <https://sumsel.tribunnews.com/2021/08/23/arti-mujahadah-kosa-kata-bahasa-yang-sedang-viral-berikut-penjelasan-dan-contoh-penggunaannya> [accessed 14 October 2021]
Fauziah, Hana Hanifah, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2.2 (2016), 123–32 <https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453>
Firmansyah, M. I. (2015). Distorsi makna Jihad. Jurnal Pendidikan Agama, Islam-Ta‟ lim,(Online), 13(2).
Firmansyah, M. I., Sauri, S., & Kosasih, A. (2021). Curriculum and Character Education. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 22-29.
Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, and Mia Zultrianti Sari, ‘Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19’, Profesi Pendidikan Dasar, 7.1 (2020), 121–32 <https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973>
Handoyo, Alfiandy Warih, Evi Afiati, Deasy Yunika Khairun, and Arga Satrio Prabowo, ‘PROKRASTINASI MAHASISWA SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3.1 (2020), 355–61 <https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9951> [accessed 28 November 2021]
Indriyani, Listri, and Dian Ekawati, ‘Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas 2 Di SMA’, 2019
Lubis, Winaria, ‘Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5.1 (2020), 139–40
Masruroh, ‘Pengaruh Intensitas Mengikuti Mujahadah Nihadlul Mustaghfirin Terhadap Kontrol Diri Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sidayu Batang’, 2012
Muakhir, Fauzi, ‘Awal Mula Covid-19 Di Indonesia Halaman 1 - Kompasiana.Com’ <https://www.kompasiana.com/fauzimuakhir0816/610673e306310e23307b1702/awal-mula-covid-19-di-indonesia?page=1&page_images=1> [accessed 15 October 2021]
‘Mujahadah an Nafs: Pengertian, Dalil, Contoh, Dan Hikmahnya | Kumparan.Com’, 2021 <https://kumparan.com/berita-hari-ini/mujahadah-an-nafs-pengertian-dalil-contoh-dan-hikmahnya-1vi5nzUvW6D> [accessed 15 October 2021]
Notoatmodjo, Soekidjo ‘Metodologi Penelitian Kesehatan / | OPAC Perpustakaan Nasional RI.’ <https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=108837> [accessed 29 November 2021]
Arikunto, Suharsimi, ‘Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI.’ <https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760> [accessed 29 November 2021]
Psikologi, Fakultas, and Universitas Surabaya, ‘Apakah Prokrastinasi Menurunkan Prestasi? Sebuah Meta-Analisis Sia Tjundjing’, Indonesian Psychological Journal, 22.1 (2006), 17–27
‘Pychyl, T. A., Lee, J. M., Thibodeau, R., & Blunt, A. (2000). Five Days of Emotion An Experience Sampling Study of Undergraduate Student Procrastination. Journal of Social Behavior and Personality, 15, 239-254. - References - Scientific Research Publishing’ <https://www.scirp.org/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1288498> [accessed 28 November 2021]
Robani, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kedisiplinan Siswa Smk Triguna Utama Tangerang Selatan Tesis’, Juli, 2016, 31–48
Said, A, and Hasan Basri, ‘Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas’, 14.2 (2017)
Schouwenburg, Henri C., and Clarry H. Lay, ‘Trait Procrastination and the Big-Five Factors of Personality’, Personality and Individual Differences, 18.4 (1995), 481–90 <https://doi.org/10.1016/0191-8869(94)00176-S>
‘Sekaran, U. and Bougie, R. (2013) Research Methods for Business A Skill-Building Approach. 6th Edition, Wiley, New York. - References - Scientific Research Publishing’ <https://www.scirp.org/(S(i43dyn45teexjx455qlt3d2q))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1869907> [accessed 29 November 2021]
Solomon, Laura J., and Esther D. Rothblum, ‘Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates’, Journal of Counseling Psychology, 31.4 (1984), 503–9 <https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503>
Suhadianto, Suhadianto, and Nindia Pratitis, ‘Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak Dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa’, Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10.2 (2020), 204–23 <https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266>
Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza`iri, Minhajul Muslim Konsep Hidup Ideal Dalam Islam (Jakarta: Darul Haq, 2009)
Umar, Nasaruddin, ‘Membuka Pintu-Pintu Langit: Mujahadah | Republika Online’, 2019 <https://www.republika.co.id/berita/pqzpnp440/membuka-pintupintu-langit-mujahadah> [accessed 14 October 2021]
Widiyono, Aan, ‘Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19’, Jurnal Pendidikan, 8.2 (2020), 169–77 <https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458>
ZahroAthirah, Marsha, ‘Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19 - Kompasiana.Com’ <https://www.kompasiana.com/ica100503/60f276ad06310e577f4259c2/pembelajaran-jarak-jauh-pjj-di-masa-pandemi-covid-19> [accessed 15 October 2021]
Zhu, Xudong, and Jing Liu, ‘Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visions’, Postdigital Science and Education, 2.3 (2020), 695–99 <https://doi.org/10.1007/S42438-020-00126-3>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gina Siti Fadillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.