KEBIJAKAN TENTANG SEKOLAH ELIT ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.155Keywords:
Kebijakan Sekolah, Sekolat Elit, Sekolah Islam Unggulan.Abstract
Munculnya sekolah elite / sekolah unggulan Islam, diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan yang tengah dihadapi oleh internal umat Islam sendiri yakni keprihatinan terhadap mutu pendidikan Islam yang rendah dan sekaligus memberi solusi terhadap tantangan terhadap Iptek dan Imtak. Kebijakan pendidikan dirumuskan dengan mendasarkan diri pada landasan pemikiran yang lebih ilmiah empirik. Kajian ini menggunakan pola pendekatan yang beragam sesuai dengan faham teori yang dianut oleh masing-masing penentu kebijakan. Kebijakan demokratisasi pendidikan adalah kebijakan untuk menyeimbangkan komposisi peserta didik menurut kelompok status sosial ekonomi dan geografis guna mengurangi ketimpangan pendidikan. Dalam hal ini, dapat dinyatakan bahwa analisis terhadap kebijakan terkait sekolah elite; Sekolah Islam Unggulan yaitu ada pada kebijakan yang tertuang pada: UUD 1945 pasal 31 ayat 3, GBHN tahun 1992-2000 pada bagian agama Nomor 2, Pasal 5 ayat 1 UU SISDIKNAS 2003 BAB IV, Pasal 10 UU SISDIKNAS No. 20 2003 BAB IV, UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 50 ayat 3, UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 55 ayat 1, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), UU No. 17 Tahun 2007.Downloads
References
Arifin, Imron. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah Berprestasi, Yogyakarta: Aditya Media, 2008.
Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Aqib, Zainal. Membangun Prestise Sekolah Berstandar Nasional (SSN) dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) (Bandung: Yrama Widya, 2010.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999.
Danim, Sudarwan, Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.
______________, Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Darmanigtyas. Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyajarta: Galang Press, 2004.
Fahruddin. Became An Excellent Principal; Membentuk Siswa Berkarakter Unggul. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.
Fattah, Nanang, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, Bandung: Bani Quraisy, 2004.
Indratno, A. Ferry T., Kurikulum yang Mencerdaskan: Visi 2030 dan Pendidikan Alternatif, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2008.
Maimun, Agus dan Agus Zaenul Fitri, Sekolahunggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif, Malang: Uin Maliki Press, 2010.
Mastuhu. Sistem Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Muhadjir, Noeng. Perencanaan dan Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Reka Sarasin, 1993.
Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012
Salim, Peter Dan Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer . Jakarta: Modern English Press, 1991.
Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Syafaruddin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta, 2008.
Syaukani. Pendidikan Paspor Masa Depan (Perioritas Pembangunan Dalam Otonomi Daerah). Jakarta: Nuansa Madani, 2006.
Yamin, Martinis & Maisah, Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta:Referansi, 2012.
Yani Erfina, Eka. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Terbaru. Surabaya: Tiga Dua, t.th
Zaina, AbidinSaid. Kebijakan Publik (Jakarta. Suara Bebas, 2006.
Zamroni. Pendidikan Dan Demokrasi Dalam Transisi (Prakondisi Menuju Era Globalisasi). Jakarta: Psp Muhammadiyah, 2007.
3 Sinergi (Jurnal Populer Sumber daya Manusia), No. 1 Volume I Januari-Maret 1998.
Andi Prastowo, Fenomena Pendidikan Elitis dalam Sekolah/Madrasah Unggulan Berstandar Internasional (Jurnal Pendidikan Islam: Volume 1 Nomor, Juni 2012.
Muhammad, “Konsep Pengembangan Sekolahunggulanâ€, Kreatif, Vol. 4, No. 1, Januari 2009.
Petrus Trimantara, ÂSekolah Unggulan: Antara Kenyataan dan Impian, Jurnal Pendidikan Penabur, Volume 06 Nomor 08 (Juni, 2007), 6.
Zuhairansyah Arifin : Dilema Pendidikan Islam Pada Sekolah Elite Muslim Antara Komersial Dan Marginalitas (Jurnal Potensia vol.13 Edisi 2 Juli – Desember 2014
Nanang Budianto, Implementasi Pengembangan Madrasah Dan Sekolah Islam Unggulan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam, Jurnal Falasifa, Vol. 8 Nomor 1 Maret 2017.
https://www.madania.net/pages/history_63
https://www.madania.net/pages/vision-mission-values-schoolbeliefs-_63
https://id.wikipedia.org/wiki/MAN_Insan_Cendekia
http://www.al-azhar.or.id/index.php/tentang-kami
https://kbbi.kemdikbud.go.id/.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.