INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PERSPEKTIF TEORI BARAT DAN ISLAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.159

Keywords:

ABK, Model, Teori Barat, dan Fithrah.

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai makhluk sosial sepatutnya mendapatkan layanan pendidikan yang sebaik-baiknya, termasuk pendidikan agama. Perlakuan terhadap mereka dapat dipahami melalui model medis dan model sosial. Model medis memandang ABK  sebagai masalah sosial yang menghambat perkembangan masyarakat sehingga harus dipisahkan dari masyarakat. Model sosial menghendaki perlakuan ABK sebagai makhluk sosial yang harus diperlakukan sama karena punya hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Begitu pula dengan teori Barat dan fithrah. Teori barat umumnya memandang pendidikan agama bgai mereka tidak perlu, karena agama adalah wilayah privasi. Berbeda dengan teori fithrah, ABK memiliki potensi keagamaan yang harus dikembangkan melalui pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. The Idea of Universality of Ethical Norms In Ghazali and Kant, diterjemahkan oleh Hamzah dengan judul, Antara Al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam. Bandung: Mizan, 2002

Abidin, Zainal. Filsafat Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002

Al-Ahwani, Fuad. al-Tarbiyah al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Ma’arif, 2008

Al-Baghdady. Tafsir Khazin Musamma Lubab al-Ta’wil fi Ma’ani al-Tanzil. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Al-Ghazali, Muhammad. Nahwa Tafsir Maudui li Suwari al-Quran al-Karim.Beirut:Dar al-Shuruq, 2011

Al-Qurthuby, Tafsir al-Qurthuby. Beirut: Dar al-Fikr, t.t

Aly, Hery Noer. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 2008

Anggraeni, Rima Rizki. “Persepsi Orang Tua terhadap Anak Berkebutuhan Khususâ€, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.1 Nomor 1 Januari 2013

Anis, Ibrahim. Al-Mu’jam al-Wasit}h. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1972

Azizy, Qadri. Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Badri, Sihabu.Teori Psikoanalisis Sigmund Freud. Bandung: UIN Bandung, 2010

Bafadal, Fadhal AR. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Semarang: CV. Al Waah, 2004

Bayrakli, Bayraktar. Eksistensi Manusia: Perspektif Tasawuf dan Filsafat Mengatasi Problema Eksistensial Manusia Jalaluddin Rumi Sampai Filosof Kontemporer. Jakarta: Perenial Press, 1997

Damanhuri. Akhlak Perspektif Pemikiran Tasawuf Abdurrauf As-Singkili. Banda Aceh: Ar-Rijal Publisher, 2011

Daming, Saharudin.“Komparasi Nilai Penguatan Hak Penyandang Disabilitas dalam Lex Posterior dan Lege Prioriâ€, dalam Jurnal HAM Vol. XIII-Tahun 2016

Fadjar, A. Malik. Holistika Pemikiran Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Harlock. Personality Development. New York: Mc Millan, 2010

Hartono, “Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam, dalam Jurnal Potensia Vol.13 Edisi 1 Januari-Juni 2014

Hermawan, Heris. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Diktis

Ibn Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung: Mizan, 1994

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Kathir. Cairo : Dar al-Sabuni

Kemenag. EMIS 2014/2015. Jakarta: Ditjen Pendis, 2015

Kemendikbud. Statistik Sekolah Luar Biasa Tahun 2015/2016. Jakarta: Pusat Data Statistik Pendidikan, 2016

Kurnali. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa: Studi Kasus di SMP Islam PB. Soedirman Jakarta (Magelang: PKBM Ngudi Ilmu, 2014

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam dan Peralihan Paradigma. Selangor: Hizbi, 1995

Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah tentang Keimanan, Kemanusian dan Kemoderenan. Jakarta: Paramadina, 1992

Majdidi, Busyairi. Konsep Kependidikan para Filosof Muslim,. Yogyakarta: al-Amin, 1997

Maskawaih, Ibnu. Tahdzib al-Akhlaq wa Tathir al-‘Araq. Beirut: Mansyurat Dar Maktabah al-Hayat, 1398

Miri, Jamaluddin.Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada, 2009

Mujib, Abdul. Fithrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah, 1999

Murata, Sachiko. The Tao of Islam: Kitab Rujukan tentang Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam. Bandung: Mizan, 2000

Musa, Muhammad Yusuf. Falsafah al-Akhlaq fi al-Islam. Kairo: Muassasat al-Kanji, 1963

Nasution, Harun. Pendidikan Agama dalam Perspektif Agama-agama. Jakarta: Konsorsium Pendidikan Agama di Pertenaga Pendidikan Tinggi Umum, 1995

Nata, Abuddin.Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner.Jakarta: Rajawali Press, 2010

Priatna, Tedi. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 200

Qutb, Sayid. Fi Zilali al-Quran. Beirut : Dar al-Shuruq, 1992

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006

Rennison, Nick. Freud and Psychoanalysis. London: Pdunk, 2010

Sa’ad, Al-Thablawi Mahmud. al-Tashawwuf fi Turats Ibn al-Taimiyyah. Mesir: al-Hai’at al-Mishriyyah al-Ammat li al-Kitab, 1984

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996

Sulaiman, Umar. Islam Kosmopolit: Ikhtiar Pembumian Nilai-Nilai Transenden dan Humanis di Ruang Publik. Yogyakarta: Fresh Book, 2012

Suryadi, Rudi Ahmad. Ghayah al-Tarbiyah fi Dhau’ al-Qur’an al-Karim. Bandung: UIN Bandung, 2011

Suseno, Frans Magniz. 13 Tokoh Etika. Yogyakarta: Kanisius, 1997

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya, 2007

Tobroni dan Arifin, Syamsul. Islam Pluralisme Budaya dan Politik: Refleksi Teologi untuk Aksi dalam Keberagamaan dan Pendidikan. Yogyakarta: Siprres, 1994

Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Kairo: Darussalam, 1985

Yusup, Syamsu. Teori Kepribadian. Bandung: Rosda Karya, 2010

Downloads

Published

2019-01-29

How to Cite

Setiawan, W. (2019). INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PERSPEKTIF TEORI BARAT DAN ISLAM. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 35–57. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.159