PENGARUH VIDEO YOUTUBE “NUSSA†TERHADAP EGOCENTRIC SPEECH (Penelitian Eksperimen Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bahari Jakarta Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.33853/jecies.v1i1.55Keywords:
Egocentric Speech, Video YouTube Nussa.Abstract
Penelitian ini bertujuan agar dapat membuktikan pengaruh penggunaan YouTube terhadap kemampuan berbicara egosentris anak (egocentric speech). Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan tepatnya yaitu bulan Juli-Agustus 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang anak, pemilihan sampel peneltian dilakukan secara incidental sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa diperoleh data kelompok anak yang sebelum diberi perlakuan pemutaran video YouTube dengan perolehan skor tertingi 30; skor terendah 20; rata-rata (mean) 24; nilai median (Me) 22,5; nilai modus (Mo) 22, dan simpangan baku 3,89. Selanjutnya diperoleh data kelompok anak setelah diberi perlakuan video YouTube Nussa dengan perolehan skor tertingi 40; skor terendah 32; rata-rata (mean) 37,08; median (Me) 39,5; nilai modus (Mo) 36,5; dan simpangan baku 2,539. Hal ini berdasarkan perhitungan bahwa diperoleh nilai thitung (8,58) > ttabel (1,81) pada taraf signifikansi α = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan peneliltian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh video YouTube Nussa terhadap kemampuan berbicara egosentris anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bahari Jakarta Selatan.
References
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Crain Wilian, Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Deni, Darnawan. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Faiqah, Fatty, dkk. YouTUbe Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 5 No. 2. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2016.
Hendru. 2014. “Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, RI masuk 4 Besarâ€, Detik Finance https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2517461/negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-ri-masuk-4-besar , diakses pada 07 November 2018
Hidayat, Wicak. 2014. “Penggunaan Internet Indonesia Nomor Enam Duniaâ€, Kominfo https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media, diakses pada 07 November 2018
Hurlock Elizabeth B. Perkembangan Anak. PT Perlora Aksara Pratama.
Indhi Aria. “Fenomena YouTube Sebagai Media Penyiaran di Zaman Modernâ€. Dalam https://www.kompasiana.com/ariaindhi/597000eded967e0aed056e12/fenomena-youtube-sebagai-media-penyiaran-di-zaman-modern?page=all diakses 14 Februari 2019
JeongCHul Heo, et.al. Piaget’s Egocentrism and Languange Learning: Language Egocentrism (LE) and Language Differentioation (LD), Findland: Journal Of Languange Teaching and Research, Findland
Kadir, Statistika Terapan. Raja Grafindo Persada, 2015
Karen Junefet, Rethinking Egocentric Speech, New York: Nova Science Publishers, Inc. 2007.
Kiftiyah, Iva Nur, et.al. (Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kgntif pada Anak Usia Dini, Kediri: STAIN Kediri.
Martin Huges, Egocentrism In Preschool Children, United Kingdom: The University Of Edinburgh, 1975.
Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 2018. “Hampir 90 Persen Penggunaan Internet di Indonesia untuk "Chatting"â€, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/171500926/hampir-90-persen-penggunaan-internet-di-indonesia-untuk-chatting-, diakses pada 07 November 2018
STKIP Kusuma Negara Jakarta. Buku Pedoman Penulisan dan Bimbingan Skripsi. Jakarta: STKIP Kusuma Negara Jakarta, 2015.
Sudjana Anas, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Surjaweni, W. Wiratna. Metedologi Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru, 2014.