MAKNA JIHAD DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.7

Keywords:

Problematika Makna Jihad, Kerangka Pendidikan, Ajaran Islam

Abstract

Adakah Suatu hal yang telah diketahui dan disepakati bersama bahwa agama Islam adalah merupakan agama motivasi, dimaa setiap muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu. Kata Tarbiyah yang berarti pendidikan mengajak kita kepada usaha yang keras dan sungguh-sungguh dalam rangka perbaikan mengubah situasi yang lebih baik dan sempurna baik terhadap pribadi maupun masyarakat. Tulisan ini dengan bahan-bahan yang terbatas akan menyoroti secara khusus, beberapa persoalan tentang makna jihad dan problematika dalam kerangka pendidikan Islam. Urgensi pembahasan ini lebih terasa lagi setelah disadari bangkitnya kesadaran beragama kaum muslimin dimana-mana. Yang mana kemudian mendorong mereka melaksanakan perintah agama dengan sebaik-baiknya termasuk didalamnya masalah pelaksanaan jihad dan pendidikan Islam yang menjadi pokok bahasan makalah ini.

References

Abdul Khaliq, Abdurrahman, Syaikh, Methode dan Strategi Dakwah Islam, Penerjemah, Marsumi Sasaky & Mustahab Hasbullah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1996, cet. 1

Al-Audah, Salman bin Fahd, Jihad Sarana Menghilangkan Ghubah Islam Penerjemah, Kathur Suhardi, 1996, cet. 1

Shibah, M. Quraish, Dr. M. A. Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1995, cet-IX

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

Al-Hilal, Y. A.-H. (2018). MAKNA JIHAD DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.7

Issue

Section

Article/Book Review

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.