STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA PLUS ISLAMIC VILLAGE TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33853/jiebar.v5i1.436Keywords:
Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di kelas X IPS SMA Plus Islamic Village. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru PAI: (1) Perencanaan pembelajaran: membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan silabus dan kurikulum darurat selama masa pandemi. Memanfaatkan media elektronik untuk bahan ajar. Aplikasi yang digunakan Zoom Meeting dan Schoology. (2) Proses pembelajaran: kegiatan pendahuluan dilakukan untuk memastikan kesiapan siswa, mendata kehadiran, dan memberikan stimulus. Kegiatan inti berupa penyampaian materi pelajaran, interaksi dengan siswa seperti berdialog, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan penutup untuk menyimpulkan materi pelajaran, pemberian tugas dan motivasi. Bentuk penugasan seperti pilihan ganda atau True or False melalui Schoology. Sistem penilaian sesuai kurikulum 2013 yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (3) Hasil belajar siswa: berbeda-beda namun secara keseluruhan mengalami peningkatan
References
Afni, Ma’ruf. 2020. “Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6.
Alifia dkk. 2021. Menjadi Guru Profesional Dan Inovatif Dalam Menghadapi Pnademi. Yogyakarta: UAD Press.
Arifin, Novian Zaidul. 2020. Tantangan Belajar Di Rumah, Dari Gadget Hingga SPP.
Baskara, Bima. 2020. Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19.
Djunaid, Hamzah. 2016. “Konsep Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Lentera Pendidikan 17(1):1–12.
Fauzi, Dkk. 2020. “Efektivitas Media ICT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar PAI Kelas X SMK Swasta Siti Banun Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu.” Pena Cendekia 2(1):1–19.
Giyarsi. 2020. “Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19.” GHAITSA : Islamic Education Journal 1(3):1–21.
Ida Bagus Benny, Dkk. 2020. Adaptasi Di Masa Pandemi: Kajian Multidisipliner. Bali: Nilacakra.
Idham, Saifuddin Muhammad. 2019. Teori Belajar Bahasa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan.
Kemdikbud. 2020. “Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.” Www.Kemdikbud.Go.Id (022651):9.
Kemendikbud. 2020a. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Belajar Dari Rumah Di Masa Darurat Covid-19.” Kemdikbud.
Kemendikbud. 2020b. “Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Nomor 15 Tahun 2020.” Kemendikbud 1–20.
Kemendikbud. 2020c. “Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona.” Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus 4–6.
Kompas.com. 2020. Pembatasan Sosial Berskala Besar, Jokowi Tegaskan Polri Bisa Ambil Langkah Hukum.
Konvergensi. 2020. “Jurnal Pendidikan Konvergensi Oktober.” Jurnal Konvergensi 8:130.
Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Ngabidin, Minhajul. 2021. Mekar Berseri Di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nugroho, Muhammad Yusuf Amin. 2020. “Metode, Media, Dan Problematika Pembelajaran Berbasis Daring Di Tingkat Madrasah Aliyah.” Jurnal Paramurobi 3(2):1–14.
Nurita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03(01):1-`7.
Nurjaman, Asep. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure.” Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Permendikbud. 2016a. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Bsnp-Indonesia 1–15.
Permendikbud. 2016b. “Permendibud Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah 14.
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarmu Untung.
Putro, Setiadi Cahyono Ahmad Mursyidun Nidhom. 2021. Perencanaan Pembelajaran. Malang: Ahli Media.
Rohmah, Ainur. 2020. “Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(7):1–6.
Syukur, Halim dkk. 2020. “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan.” Jurna Inicio Legis 1(1–17).
Umami, Muzlikhatun. 2018. “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6(2):1–11.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Yusuf, Muhammad Bahruddin. 2020. “Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring.” 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.