ANALISIS PERSEPSI JAMAAH UMRAH DALAM PENERAPAN PRINSIP SYARIAT ISLAM PADA PELAYANAN DI PT. CAHAYA AZAMI WISATA JAKARTA

Shofiah Tidjani

Patmi Pawianti

Keywords: Analisis, Persepsi, Jamaah Umrah, Prinsip Syariat Islam, Pelayanan


Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana persepsi jamaah umrah dalam penerapan syariat Islam
pada pelayanan di PT. Cahaya Azami Wisata Jakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
sumber data berupa data primer dan data sekunder. Adapun data
primer diperoleh dari pengisian kuesioner oleh jamaah umrah PT.
Cahaya Azami Wisata Jakarta. Sedangkan data sekunder diperoleh
dari buku-buku, penelitian dan skripsi sebelumnya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumen
dari PT. Cahaya Azami Wisata. Penelitian ini mengambil sampel 28
responden yang merupakan jamaah umrah PT. Cahaya Azami
Wisata Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip
syariah Gharar memiliki tingkat persepsi yang paling tinggi
dibandingkan dengan prinsip syariah lainnya, yaitu : maisir,
risywah, amanah, kerja sama dan mashlahah. Ini menunjukkan
bahwa jamaah umrah sangat membutuhkan informasi pelayanan dan
fasilitas yang sangat jelas dari biro perjalanan haji dan umrah.

Most read articles by the same author(s)