PENGETAHUAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH (KASUS BSM KAN.CAB PEMBANTU BSD TANGERANG SELATAN)

Sunardi Sunardi

Ana Maftukhah

Keywords: Pengetahuan Konsumen, Bank Syariah, Keputusan Konsumen (Nasabah)


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan
konsumen memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk
menjadi nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP BSD Tangerang
Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, disebut penelitian kuantitatif dikarenakan data penelitian
berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Alat uji yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode regresi
linier sederhana, dengan metode ini akan didapat pengaruh variabel bebas
(Pengetahuan Konsumen) terhadap variabel terikat (Pengambilan
Keputusan Menjadi Nasabah), dan yang menjadi sampel pada penelitian
ini adalah nasabah dana pihak ketiga pada PT. Bank Syariah Mandiri
KCP BSD Tangerang Selatan sebanyak 30 orang, pengambilan sampel
menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode
Purposive Sampling adalah metode pengambilan sampel secara sengaja
sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan atau secara sengaja
mengambil sampel tertentu, dan peneliti mengambil 30 responden sebagai
sampel penelitian. Kemudian dilakukan pengujian validitas dan
realiabilitas terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen berpengaruh terhadap
keputusan konsumen sebesar 63,2 %, sedangkan sisanya 36,8%
dipengaruhi oleh faktor lain diluar variable X (Pengetahuan Konsumen)
yang tidak diteliti.

Most read articles by the same author(s)