FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN KELAPA DUA-TANGERANG)
Sunardi Sunardi
Fety Aniarsih
Keywords: Minat, Masyarakat Muslim, ServQual, Promosi
Abstract
Bank syariah adalah suatu system perbankan yang dikembangkan
berdasarkan prinsip syariah. Adanya perbankan syariah di
Indonesia merupakan suatu wujud penerapan ekonomi Islam yang
tentu dibutuhkan oleh masyarakat muslim dalam hal keperluan
jasa perbankan. Namun demikian, masih terdapat kendala yang
menghambat mereka untuk berpaling kepada bank syariah ini.
Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktorfaktor yang memengaruhi masyarakat muslim menabung di bank
syariah dan dibatasi pada bank syariah kota Tangerang. Penyebab
minat menabung ditinjau dengan melihat tanggapan responden
mengenai alasan menabung dan selanjutnya menjadi nasabah
Bank Syariah. Variabel dari pengaruh faktor-faktor kualitas
layanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tangible,
reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan promotion.
Alat analisa yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda
dan untuk pengujian statistic digunakan model regresi linear
berganda atas data yang tersedia bagi variabel dependen dan
variabel independen.