PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB SYARIAH CABANG TANGERANG
Sunardi Sunardi
Erlendy Julian Nugroho
Keywords: Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Abstract
Kepuasan pelanggan berbanding lurus dengan strategi pemasaran
dan kualitas pelayanan. Semakin bagus sebuah pemasaran dan
pelayanan maka semakin tinggi minat nasabah. Hal tersebut
berlaku sebaliknya. Hal inilah yang penulis temukan pada Bank
BJB Cabang Tangerang. Karenanya, sebuah penelitian dilakukan
untuk menyelidiki kasus tersebut. Penelitian ini, -sebagaimana
disebut di atas- dilakukan Bank BJB Syariah Cabang Tangerang.
Sebagai obyek penelitian adalah nasabah bank tersebut yang
dimulai pada April 2014 sampai dengan September 2014. Kantor
cabang tersebut beralamat di Komplek Tangerang City Bussines
Park Blok D12 Kota Tangerang dengan jumlah populasi 127
nasabah dan sampel yang diambil sebanyak 70 orang nasabah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan teknis analisa
data menggunakan analisis regresi dan hipotesis dengan
serangkaian pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji
penyimpangan, asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier
berganda.