PENGARUH PRODUK JASA GADAI (RAHN) DENGAN AKAD QARD DAN IJARAH TERHADAP KEPEMINATAN MASYARAKAT UNTUK BERBANK DI BANK SYARIAH MANDIRI

Muklis Muklis

Risty Wulandari

Keywords: Gadai (Rahn), Akad Qard, Ijārah, Minat Masyarakat, BSM


Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh produk
gadai emas (Rahn) dengan akad ijārah dan qard terhadap minat
masyarakat untuk berbank di Bank Syariah Mandiri. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
analisis regresi linier berganda dan dilengkapi dengan metode
pengolahan data seperti uji validitas dan reliabilitas, dan uji
asumsi klasik. Pengujian dilakukan dengan menggunakan
bantuan aplikasi SPSS 21. Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Panelitian
ini mengambil sampel 62 responden yang merupakan nasabah
Gadai Emas BSM Kantor Cabang Pembantu Malabar -
Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Produk
Gadai/Rahn (X1) tidak mempengaruhi kepeminatan masyarakat
untuk berbank di Bank Syariah Mandiri KCP MalabarTangerang, 2) Akad Ijārah (X3) dapat mempengaruhi
kepeminatan masyarakat untuk berbank di Bank Syariah Mandiri
KCP Malabar-Tangerang, 3) Akad Qard (X3) dapat
mempengaruhi kepeminatan masyarakat untuk berbank di Bank
Syariah Mandiri KCP Malabar-Tangerang, tetapi ketiga variabel
tersebut secara bersama-sama KCP Malabar-Tangerang.

Most read articles by the same author(s)