ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MELAKUKAN GADAI EMAS DI CABANG PEGADAIAN SYARIAH UNIT PASAR BABAKAN KOTA TANGERANG

Reza Kurnia Ningsih

Mukhlis

Keywords: Kualitas Pelayanan (Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik), Keputusan Gadai, Gadai Emas, Pegadaian Syariah


Abstract

Perkembangan pegadaian saat ini telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Dengan semakin bertambah pesatnya industri gadai tentunya membuat persaingan antar lembaga gadai semakin ketat. Untuk memajukan perusahaan maka pihak pegadaian syariah perlu cermat dalam melihat  permintaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan , setiap pegadaian hendaklah mampu membuat suatu strategi yang dapat meningkatkan produktivitas salah satunya adalah mutu jasa yang diharapkan. Produktivitas dan mutu menjadi faktor yang sangat penting karena dapat menggambarkan kinerja ekonomis dari suatu  perusahaan jasa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel acak (Random Sampling) dengan subjek penelitian adalah nasabah cabang Pegadaian Syariah unit Pasar Babakan Kota Tangerang. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji F Variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Bukti fisik (X1), Kehandalan (X2), Ketanggapan (X3), Jaminan (X4), serta Empati (X5) terhadap variabel Keputusan Nasabah (Y) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan nasabah melakukan gadai di cabang Pegadaian Syariah unit Pasar Babakan Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan bahwa hasil nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai F hitung (67,243) lebih besar dari F tabel (2,22). Dan koefisien determinasi (R square) sebesar 80,7% artinya variabel Bukti fisik (X1), Kehandalan (X2), Ketanggapan (X3), Jaminan (X4), serta Empati (X5) mempengaruhi variabel dependen yaitu Keputusan Nasabah (Y) sebesar 80,7%.