PENERAPAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM PROPOSAL DAN LAPORAN BISNIS: PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Diki Ariansyah Putra

Nurul Haliza

Rizka Salsabila

Vani Hajari

Suhairi Suhairi

Keywords: Manajemen Ekonomi


Abstract

Dalam dunia bisnis, pemerintahan, jasa dan sosial, laporan dan proposal bisnis merupakan
instrumen penting dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Semua
tingkatan organisasi, mulai dari manajemen bawah hingga manajemen puncak, membutuhkan
berbagai informasi yang relevan untuk memandu keputusan bisnis. Laporan bisnis harus
disusun secara efisien dan efektif guna membantu kelancaran operasional perusahaan. Menulis
laporan bisnis membutuhkan waktu dan usaha yang signifikan karena penulis harus
menyajikan informasi yang berkualitas terlepas dari pembacanya. Tujuan dari laporan bisnis
adalah untuk memberikan informasi yang obyektif dan terorganisir untuk membantu
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Dilakukannya penelitian ini dengan
menggunakan teknik kualitatif. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui studi
literatur dan analisis dokumen yang relevan dengan tema penelitian ini. Metode penelitian
pendekatan kualitatif memberikan fleksibilitas dan kemampuan untuk mendapatkan
pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang kompleks dan beragam. Tujuan utama
dari laporan bisnis adalah untuk memfasilitasi kontrol organisasi, membantu dalam
menerapkan kebijakan dan prosedur, mematuhi persyaratan hukum, mendokumentasikan
aktivitas untuk klien, dan berfungsi sebagai panduan dalam membuat keputusan tentang
masalah tertentu. Dengan pemahaman yang baik tentang pentingnya laporan bisnis dan
penggunaannya yang efektif, organisasi dapat mencapai tujuan bisnis mereka dengan lebih baik
dan menghadapi tantangan dengan lebih baik

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.