ANALISIS PERSEPSI, MOTIVASI, DAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH ISLAMIC VILLAGE TANGERANG - BANTEN)

Authors

  • Sunardi Sunardi
  • Desy Rahmadayani

Keywords:

Persepsi, Motivasi, Sikap, Minat menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village Tangerang pada bank syariah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi (X1), motivasi (X2), dan sikap (X3). Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village Tangerang yang terdiri dari semester 2, 4, dan 6 dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, maka didapat sampel sebanyak 69 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengujian statistik menggunakan model regresi linear berganda dengan variabel dependen yaitu minat menabung (Y) dan variabel independen yaitu persepsi (X1), motivasi (X2), dan sikap (X3). Penggunaan model regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen dengan variabel dependen baik secara individual (parsial) maupun secara keseluruhan (simultan) dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel yaitu persepsi (X1), motivasi (X2) dan sikap (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat menabung (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 21,501 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < dari 0,05, sehingga ???????? diterima dan ????o ditolak dan dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi, motivasi dan sikap masing-masing memiliki pengaruh signifikan langsung terhadap minat menabung Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village pada bank syariah dan hasil dari analisis koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa variabel persepsi, motivasi dan sikap secara bersama-sama memiliki pengaruh langsung positif terhadap minat menabung dengan nilai sebesar 49,8%, sedangkan sisanya 50,2% (100% - 49,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-09-01